Rabu, 20 Februari 2013

SEJARAH PERKEMBANGAN CHIPSEET DAN VGA




Pengertian Chipset Motherboard

Chipset merupakan Chip (kumpulan IC) yang biasanya ada di Motherboard. Chipset ini mengkoordinasi hubungan atau kerja antar berbagai komponen di motherboard. Biasanya terdapat 2 chipset di motherboard, yaitu notrhbridge dan southbridge.Chipset Nortbridge menghubungkan komponen seperti CPU/Prosesor, RAM (memory) dan VGA (kartu grafis), sedangkan Chipset Southbridge menghubungkan beberapa komponen seperti PCI , EnthernetUSB, Audio, dan lainnya yang biasanya lebih lambat.

Chipset merupakan Chip (kumpulan IC) yang biasanya ada di 
motherboard. Chipset ini mengkoordinasi hubungan atau kerja natar berbagai komponen di motherboard.

Biasanya terdapat 2 chipset di motherboard, yaitu northbridge dan southbridge. Chipset Northbridge menghubungkan komponen seperti CPU/Prosesor, RAM (memori) dan VGA (kartu grafik), sedangkan southbridge menghubungkan beberapa komponen seperti PCI, Enternet, USB, Audio dan lainya yang biasanya lebih lambat.

Meskipun menjadi satu dengan motherboard, perusahaan pembuat chipset biasanya tidak sama dengan motherboard. Sehingga kita bisa download chipset langsung tanpa mengenal merk/tipe Motherboard. Beberapa merk Chipset yang populer adalah NVIDIA, AMD (ATI), VIA, SIS dan Intel.

Melihat funsinya, jika driver Chipset ini tidak di install, biasanya kinerja komputer menjadi tidak maksimal, misalnya lambat, USB yang seharusnya mendukung kecepatan lebih tinggi (USB 2.0) tetapi hanya mendukung USB 1.0, audio bermasalah dan lainya. Jika menggunakan kartu grafik onBoard, maka tanpa driver chipset, kerja grafis akan menjadi sangat lamb

JENIS-JENIS CHIPSEET

Semua jenis  Motherboard memiliki Chipset yang terpasang pada papan motherboard. Chipset memiliki peran yang sangat penting terhadap pekerjaan unit komputer melalui sistem operasinya.  Chipset bisa dianalogikan sebagai jantung pada manusia. Jantung pada manusian berfungsi sebagai alat pompa yang mengantarkan nutrisi ke seluruh bagian tubuh manusia.



Sama halnya dengan Chipset pada Motherboard.  Chipset pada motherboard yang terdiri dari South Bridge dan North Bridge memiliki fungsi sebagai pengatur dan mengkordinasi aliran data dari masing-masing piranti.
Chipset South  Bridge, Chipset ini berfungsi mengatur dan mengkordinasi  aliran data dari piranti I/O, PCI Slot, USB, Etherhet, Audio, Harddisk Drive dan Floppy Data
Chipset North Bridge,  Chipset ini berfungsi sebagai pengatur dan mengkordinasi  aliran data dari Processor, AGP / PCI/  dan RAM ( Random Access Memory).

Chipset Motherboard
Setelah mengenl Fungsi Chipset pada motherboard, ada 5 jenis Chipset yang paling populer didunia berdasarkan pembuatnya.
Kebanyakan Jenis Chipset diadopsi dari nama Manufacture Chipset Pabrick (Nama Pabrik Pembuat)
1. Intel Chipset, Chipset ini dikembangkan oleh Intel Corporate. Perkembangan Chipset pada intel berkembang menyesuaikan perkembangan dunia komputer saat ini
2. VIA Chipset,  Chipset ini dikembangkan oleh VIA. via.com.tw
3. NVIDIA Chipset, Chipset ini dikembangkan oleh perusahaan Nvidia. Nvidia.com
4. AMD/ATI Chipset, Chipset ini dikembangkan oleh perusahaan AMD. amd.com
5. SIS Chipset, Chipset ini dikembangkan oleh perusahaan SIS. sis.com

Chipset VGA
Kita mengetahui banyak tentang VGA Card. Pada VGA ada 3 jenis Chipset berdasarkan pembuat pabriknya.
1. Nvidia VGA Chipset, Dikembangkan oleh Nvidia
2. AMD/ATI VGA Chipset, dikembangkan oleh perusahaan AMD
3. Maxtrox VGA Chipset, dikembangkan oleh perusahaan Maxtrox. maxtrox.com
4. Intel VGA Chipset, dikembangkan oleh perusahaan intel. intel.com

Chipset Sound Card
ada 5 jenis Chipset sound card yang saat ini paling populer dan masih dikembangkan
1. Creative Sound Chipset, Pengembang Chipset ini dari Perusahaan Creative.Creative.com
2. Sigmatel Sound Chipset, Sigmatel.com
3.Realtek Sound Chipset,Realtek.com
4. ADI Sound Chipset,adisound.com
5. ESS Sound Chipset,esstech.com

**Istilah Artikel berkaitan
VGA : Video Graphic Accelerator
AGP  : Accelerated Graphics

PCI : Peripheral Component Interconnect
AMD :Advance Micro Device



Pengertian, Fungsi dan Bagian VGA (Video Graphics Accelerator

  1. A.    PENGERTIAN VGA (Video Graphics Accelerator)
VGA (Video Graphics Accelerator) card adalah salah satu komponen komputer yang mutlak harus ada. Fungsinya mengolah data graphis untuk ditampilkan di layar monitor. Sebetulnya VGA card merupakan satu unit “komputer mini” karena komponen ini memiliki sebuah prosesor (disebut GPU alias Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.
Disebut VGA card karena komponen ini memang berbentuk seperti kartu yg di”tancap”kan pada motherboard (mobo) melalui satu slot yang khusus untuk itu. Karena VGA card memiliki prosesor yang mengeluarkan panas saat beroperasi, maka pasti ada perangkat pendinginnya, bisa berupa sirip-sirip logam dengan pipa-pipa penghantar panas (heatpipe) atau berupa kipas pendingin (heat Sink Fan/HSF).
B.     FUNGSI VGA
Fungsi VGA Card adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Chipset/prosesor pada kartu VGA, banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki Chipset andalannya. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan sebagainya.
C.    BAGIAN-BAGIAN VGA
Ada beberapa bagian komponen pengertian Vga (Video Graphics Accelerator), diantaranya:
  1. PCB (Printed Circuit Board)
Pada video card, warna dasar yang digunakan beragam. Mulai dari warna merah, hijau dan kuning keemasan. Ada dua form factor yang digunakan. Kebanyakan berukuran standar dengan ketinggian sekitar 99 mm (tinggi bracket sekitar 127 mm) dan lebar yang bervariasi. Ukuran yang lebih mungil, dengan ketinggian setengahnya, dikenal dengan form factor low-profile. Video card semacam ini digunakan seperti pada mini PC. Sesekali ditemukan beroperasi dengan sebuah riser card.
  1. GPU/VPU
Inilah inti dari sebuah video card. Sebuah IC (integrated circuit), tugasnya seperti CPU pada sebuah mother- board. Ia yang menangani proses 2D dan 3D. Biasanya tertutup oleh heatsink dan fan.
  1. Memory
Untuk membedakan dengan RAM/ memory yang terinstalsi pada motherboard, lebih spesifik disebut sebagai video RAM. Kesamaan antara RAM dengan video RAM cukup banyak. Namun pada praktiknya, RAM video card terutama seri-seri high-end, sering menggunakan chip memory yang lebih cepat ketimbang RAM motherboard.
  1. Bus Interface
Untuk sekarang, pilihannya hanya ada dua macam interface. Yaitu, AGP (Acce- lerated Graphics Port) dan PCI Express. Sebelumnya sempat digunakan slot ISA dan PCI untuk video card ini.
  1. Cooling System
Sempat memiliki sebuah video card yang sama sekali tidak menggunakan fan pendingin, atau bahkan tanpa heatsink? Untuk GPU terkini, sebuah hal yang hampir tidak mungkin. Dengan clock yang demikian cepat, panas selama beroperasi dapat mencapai suhu yang cukup tinggi. Sebagai informasi, suhu pada heatsink pasif (tanpa fan) sebuah video card GeForce FX5200 dapat mencapai kisaran 60°C. Dapat dibayangkan panas yang dapat dihasilkan sebuah video card kelas high-end.
  1.  6.      Display Interface
Kebanyakan video card menawarkan tiga jenis port interface: DVI, VGA dan TV-Out. Dan yang lain, hanya merupakan kombinasi minor dari tiga port tersebut. Ada yang menawarkan dual DVI, untuk dapat menghasilkan dua tampilan pada display digital. Ada yang menyertakan fasilitas dukungan output HDTV (high-definition TV), atau VIVO (video input video output). Dua yang disebut terakhir, biasanya dengan menyertakan fungsi tambahan tersebut pada port video.

Pengertian VGA Card dan jenisnya


Anda yang berkutat dengan komputer tentu tidak asing dengan istilah VGA card. VGA card adalah sebuah peranti keras yang melakukan rendering atau pemprosesan output berupa visual yang dipaparkan pada skrin monitor. VGA singkatan dari VideoGraphic Accelerator, sesuai dengan fungsinya diatas. VGA card berkaitan langsung dengan paparan di skrin monitor. Kata “card” menunjukkan bahawa bentuk VGA card mirip dengan kad yang dipasang pada slot yang ada di motherboard komputer anda.
Struktur VGA mirip dengan komputer yang sangat kecil. VGA card mempunyai pemproses yang disebut dengan
GPU atau Graphic Processing Unit ditambah dengan memori di dalamnya. Prosesor ini akan panas jika itu hidup ketika bekerja, sehingga diperlukan heatsink sebagai penyerap panas dan kipas sebagai pengusir panas pada heatsink. Hal ini disebabkan GPU mempunyai suhu optimum kerja dan tidak boleh terjadi overheat. Jika berlaku overheat, maka VGA card boleh rosak dan tidak boleh digunakan semula

Jenis-jenis VGA card
VGA card terbahagi kepada dua jenis mengikut bentuknya, iaitu VGA card on board dan VGA card add-on. VGA on board boleh anda jumpai di semua motherboard apabila anda membeli komputer atau laptop kerana sudah menjadi satu pakej. VGA ini dapat anda gunakan untuk memaparkan output pada skrin monitor dengan baik. Sebenarnya jika tidak melakukan pemprosesan grafik peringkat tinggi, kita tidak memerlukan VGA card add-on. Jika anda merasa VGA card on board anda kurang maksimum atau kurang canggih, anda boleh menambah VGA card add-on. Hal ini utamanya bagi anda para desainer grafik, editor filem dan juga pemain game 3D.
Maka dari itu, kewujudan VGA card add-on adalah sesuai dengan keperluan anda. Ketika terlihat nyata bahawa VGA on board anda tidak mampu melakukan apa yang menjadi keperluan anda, maka VGA card add-on boleh ditambah. Namun ini hanya berlaku pada PC sahaja kerana untuk peranti lain tidak terdapat slot untuk penambahan VGA card add-on. Apalagi VGA card add-on juga membuat keperluan kuasa elektrik pada komputer menjadi tinggi dan ini hanya boleh dipenuhi oleh PC saja. Dalam memutuskan VGA card yang akan anda gunakan, anda juga perlu mengetahui kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Kelemahan dan kelebihan masing-masing VGA card
VGA card on-board mempunyai kelebihan yakni sudah satu pakej denganmotherboard, sehingga dipastikan tidak akan ada masalah dengan komputer anda ketika digunakan. Lebih-lebih lagi, VGA card on-board boleh dikatakan percuma. Setiap anda membeli motherboard, pasti sudah dipasang VGA card on-board. Tentu saja ini sangat baik untuk anda yang mempunyai budget terhad dalam pembelian komputer. Sementara kekurangannya adalah VGA card on-board tidak mempunyai memori sendiri. Hal ini mengakibatkan “pemotongan” memori utama CPU ataulaptop anda yang dikenali dengan RAM untuk digunakan oleh VGA. Jika RAM yang terhad, tentu saja prestasi PC secara keseluruhan akan menjadi lambat.
Sedangkan untuk VGA card add-on, kelebihannya adalah dapat melakukan pekerjaan rendering berat dan tidak “memakan” memori utama atau RAM dalam CPU. Proses yang melibatkan grafik tidak akan membebankan pemproses dan komputer anda akan lebih cepat dalam memproses sesuatu. Sedangkan kelemahannya adalah harganya mahal, bahkan boleh lebih mahal daripada set motherboard ditambah dengan pemproses dan RAM. Selain itu, kelemahan lain adalah membuat komputer anda memerlukan tenaga elektrik lebih besar dari biasanya. Jika anda mempunyai power supply yang kapasitinya tidak besar, maka prestasi komputer tidak akan normal, sehingga anda dikehendaki menukar power supply dengan yang lebih tinggi dan tentu saja ini harganya tidak murah.
Demikian adalah artikel ringkas pengenalan tentang VGA card. Semoga bermanfaat.
Jenis-Jenis VGA

Ada dua (2) jenis VGA yang digunakan yaitu:

a. VGA On Board
VGA ini merupakan VGA yang sudah menempel atau tergabung dengan motherboard sehingga saat membeli sebuah motherboard atau komputer, VGA tersebut sudah ada. Biasanya VGA ini disesuaikan dengan tingkatan komputer anda, Misalnya komputer anda Core 2 maka sesuai dengan hargaCore 2 maka VGA-nya pun disesuaikan dengan kemampuan unjuk kerja Core 2 tadi.
Lihat gambar berikut ini:

LVDS TTL VGA /AV/Sv Universal LCD Controller Board
sumber: http://njytouch12.en.ec21.com/LVDS_TTL_VGA_AV_Sv--5468511_5472826.html

b. VGA Card add-on
VGA ini merupakan VGA yang terpisah dari motherboard. Terpisah disini bisa dipasang dan dilepaskan sehingga VGA ini dapat ditingkatkan kemampuan dengan memasang VGA card yang lebih tinggi lagi.

sumber: http://thinkpadt42notebook.blogspot.com/2010/07/vga-graphic-card-ibm-thinkpad-t42.html


sumber: http://encyclopedia2.thefreedictionary.com/Graphic+card

Dalam perkembangan komputer, VGA yang sudah tersedia pada motherboard disebut dengan istilah On Board. Jika istilah On Board ada maka ada pula istilah yang tidak On Board (VGA card add-on). Untuk VGA yang tidak On Board.

Perbedaan VGA On board dengan VGA yang tidak On board

1. Memory, VGA On board tidak memiliki memory khusus jadi memory bergabung dengan memory komputer (RAM) sehingga kinerja komputer akan terasa lambat bila RAM komputernya kecil. Sedangkan VGA tidak On board, memory sudah terpisah dengan memory komputer (RAM) atau dengan kata lain VGA tidak On Board memiliki memory sendiri.

2. Kinerja/kemampuan, VGA On Board memiliki kinerja lebih rendah dibandingkan dengan kinerja VGA tidak on board. Hal ini dikarenakan pembuatan VGA card tidak on board sudah dirancang untuk dapat bekerja mandiri, artinya memory tidak lagi menggunakan memory komputer (RAM) sehingga antara RAM dan memory VGA sudah saling bekerja sama dan tidak saling membebankan.

3. Biaya, VGA On Board dari segi biaya lebih murah karena sudah bergabung dengan harga komputer keseluruhan. Sedangkan VGA tidak On Board, harganya lebih mahal dan terpisah dengan harga komputer keseluruhan.

Produsen (vendor) VGA Card
Berikut beberapa pabrikan pembuat (vendor) VGA dan ini hanya beberapa dari sekian banyak produk VGA yang dihasilkan oleh masing-masing vendor tadi. Dan setiap produk VGA ini di pasarannya memiliki kelebihan dan kekurangan dikarenakan setiap produk sering memfokuskan pada hal tertentu, misalnya menekankan aspek gambar, atau ada yang menekankan pada video.

1. Dell Computer corp            : Smart Array 6400 Controller
2. ATI Technologies Inc        : Radeon IGP 345M
3. National Semiconductors   : Geode VGA Compatible Device
4. Cirrus, Logic                     : pci
5. TRIDENT MICRO          : DGi GUI Accelerator
6. NEC electronics                : GUI Accelerator
7. SIS                                   : SiS5597 SVGAa
8. Oak Technology               : Spitfire VGA Accelerator
9. NVIDIA Corporation       : NVIDIA GeForce 8400
10. VIA Technologies, Inc    : CastleRock AGP 8x Controller
11. Intel Corporation             : AGP Graphics Accelerator
12. ARK Logic                    : Stingray GUI Accelerator
13. Alliance Semiconductor   : VGA/AVI Playback Accelerator
14. Ascii Corporation           : VGA Video Overlay Accelerator
15. VMware Inc                   : Virtual SVGA
sumber: http://www.pcidatabase.com/search.php?device_search_str=vga

Driver
adalah sebuatan untuk sebuah perangkat lunak (software) yang menjembatani (mengizinkan) perangkat keras (hardware) berkomunikasi dengan komputer.Tanpa ada driver, jika anda hubungkan perangkat keras ke komputer maka perangkat keras tadi tidak dapat digunakan. Jika driver yang digunakan tidak cocok maka perangkat keras tadi tidak dapat digunakan. Misalnya ada sebuah perangkat keras, sebut saja modem, maka agar perangkat keras tadi dapat berkomunikasi dengan komputer anda maka anda harus menggunakandriver modem tadi lalu di-instal-kan pada komputer dan selanjutnya driver ini akan bekerja dan menjembatani hardware dengan komputer sehingga modem anda dapat dikenal dan dapat digunakan.

Ada kalanya sebuah perangkat keras langsung dikenal oleh komputer sehingga tidak memerlukan driver, misalnya mouse, flashdisk, keyboard tetapi ini juga dipengaruhi oleh Operating System (OS). Semakin terbaru OS anda maka semakin banyak pula perangkat keras yang dapat dijembatani langsung tanpa harus ada driver. Oleh sebab itu jika anda membeli sebuah perangkat keras komputer, yang harus anda perhatikan  adalah ada atau tidak driver-nya dalam bentuk kepingan CD. Dan jika tidak disertai CD ada kemungkinan perangkat keras tadi sudah dikenal banyak oleh OS komputer atau memang harus anda sendiri yang mencari dengan cara men-download-nya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar